Home » , » 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Posted by Blog Suka Suka on Friday, May 9, 2014


5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Blog Suka Suka - Saat kita masih kecil, orang tua kita mungkin sering menyuruh kita untuk tidur siang, namun saat kita mulai beranjak dewasa, hal ini mungkin sangat jarang kita lakukan. Melihat aktifitas dan pekerjaan yang menumpuk sehingga tidak ada waktu luang untuk tidur siang. Jadi bersyukurlah bagi yang memiliki waktu untuk tidur siang, kenapa? karena banyak manfaat dari tidur siang tersebut. Apa sajakah itu?

1. Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat. 
Sebuah riset menyebutkan dengan tidur siang selama 30 sampai 45 menit dapat meningkatkan daya ingat otak, selain itu juga menghilangkan pusing karena banyaknya aktivitas yang anda jalani serta menyegarkan pikiran anda.

2. Tidur siang membantu meningkatkan produktivitas kerja anda. 
Pada saat kerja otak anda bekerja keras untuk mencerna perintah atasan. Terkadang informasi berlebihan yang diterima otak dapat menjadi beban pikiran yang akan berefek pada kinerja otak anda. Dengan tidur siang, anda kembali siap melaksanakan tugas dan lebih produktif lagi.

3. Tidur siang juga dapat mengobati Insomnia atau gejala susah tidur. 
Menurut sebuah riset tahun 2011, bagi penderita insomnia tidur siang dapat membantu anda lebih bugar karena memiliki waktu istirahat yang lebih.

4. Tidur siang bisa mengurangi stress. 
Jika semalam anda tidak dapat tidur nyenyak karena stress yang anda alami, tidur siang bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan stress tersebut. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hormon stress turun dratis setelah anda tidur siang.

5.Tidur siang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
Sebuah penilitian di Yunani menemukan bahwa orang tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke sebesar 37 persen. Mereka menganjurkan untuk tidur siang antara pukul 1-3 siang dan tidak lebih dari 45 menit. Hal ini untuk menghindari pusing saat anda bangun tadi tidur siang anda.

Nah, itulah 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk menyempatkan diri tidur siang minimal 30 menit, agar badan dan fikiran anda fresh kembali.


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts